Breaking News
Loading...
Friday, 1 September 2017

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Sahabat Islam semuanya, di dalam menunaikan shalat pastinya ada rukun shalat yang perlu kita ketahui sebagai umat islam, karena ini salah satu syarat sahnya sholat kita, maka dari itu, mari kita belajar bersama tentang Rukun Sholat ini, saya ambil penjelasan ini dari kitab sapinah pasal tentang menjelaskan Rukun Sholat.



فصل اركان الصلاة سبعة عثر الاول النية الثان تكبرة الاحرام الثالث القيام على القادر فى الفرض الربع قراءة الفاتحة الخامس الركوع السادس الطمأنينة فيه السابع الاعتدال الثامن الطمأنينة فيه التاسع السجود مرتين العاشر الطمأنينة فيه الحادى عشر الجلوس بين السجدتين الثان عشر الطمأنينة فيه الثالث عشر التشهد الأخير. الخامس عشر الصلاة على النبى صلى الله عليه وسلم فيه السادس عشر السلام السابع عشر الترتيب

Rukun  Sholat jumlahnya ada 17 perkara di antaranya adalah :


  • Niat
Niat ketika kita mau menunaikan ibadah sholat maka itu adalah salah satu rukun sholat yang harus kita lakukan, dan tidak boleh terlewati, karena jika kita sholat tanpa niat maka sholat kita tidak akan sah atau tidak di terima di sisi Allah SWT.
  • Takbirotul Ikhram
Yang kedua Rukun Sholat adalah takbirotul ikhram, atau mengucapkan Allah'hu ak'bar, maka hal tersebut harus ada dikala kita melaksanakan sholat, 


  • Berdiri
Yang ketiga Rukun Sholat adalah berdiri, Maka berdiri dalam sholat hukumnya wajib, jika ada orang yang sedang melaksanakan sholat sambil duduk dan sebagainya maka sholatnya tidak sah, terkecuali bagi orang yang sakit yang memang sudah tidak berdiri lagi, maka baginya shalat sambil duduk hukumnya sah. Ini salah satu menandakan bahwa shalat itu tidak ada halangannya untuk siapa saja bahkan pada orang yang sakit, selagi orang tersebut masih hidup maka hukumnya wajib untuk melaksanakan shalat pardhu khususnya. jika orang tidak bisa berdiri, maka sholatlah sambil dudu, jika orang tersebut tidak bisa duduk maka sholatlah sambil berbaring, dan seterusnya sampai sholat menggunakan isarat.


  • Membaca Surat Al-fatihah 
Rukun Shalat yang ke empat adalah membaca surat Al-Fatihah, berarti hukumnya wajib jika kita sedang melaksanakan sholat dengan membaca surat Al-Fatihah. bahkan bagi sebagian orang dalam membaca surat Al-Fatihah harus benar-benar dalam membacanya harus paham dengan tajwid dan makhrozul hurufnya.


  • Ruku
Dalam sholat ruku adalah termasuk rukun sholat yang ke lima, jadi jika ada seseorang yang sedang melaksanakan sholat kemudian tidak melakukan tindakan ruku maka sholat tersebut tidak sah dan tidak jadi sholatnya.


  • Tumaninah dalam ruku
Rukun sholat yang ke enam adalah tumaninah dalam ruku, tumaninah adalah melakukan gerakan dengan ukuran membaca سُبْحَان لله jadi jika ada orang yang melakukan ruku nya tidak ada selama mengucapkan subhaana'llah maka shalatnya tidak sah, karena tidak melakukan rukun sholat yang ke enam.


  • I'tidal
Rukun sholat yang ke ke tujuh adalah I'tidal, gerakan sesudah ruku sebelum sujud itu namanya I'tidal.


  • Tumaninah dalam I'tidal
Rukun Sholat yang kedelapan adalah tumaninah dalam I'tidal, seperti yang sudah tadi di jelaskan apa itu tumaninah.


  • Sujud dua 
Rukun sholat yang ke sembilan adalah sujud dua kali,


  • Tumaninah dalam melakukan sujud dua
Rukon sholat yang ke sepuluh adalah tumaninah dalam melakukan sujud dua.


  • Duduk antara melakukan dua sujudan
Rukun sholat yang ke sebelas adalah duduk antara dua sujud, ibarat duduk ini pemisah antara sujud ke satu dan sujud ke dua.


  • Tumaninah dalam melakukan duduk di antara dua sujud
Rukun Sholat yang ke dua belas adalah melakukan tumaninah dalam duduk antara dua sujud.


  • Tahiyat Akhir
Rukun sholat yang ke tiga belas adalah Tahiyat akhir, jadi tidak sah shalatnya jika kita tidak melakukan tahiyat akhir, berbeda dengan tahiyat awal, di kala kita lupa maka sholatnya boleh kita lanjut dan hukumnya di perbolehkan.

  • Duduk dalam tahiyat akhir
Rukun sholat nomor empat belas adalah duduk dalam tahiyat akhir.

  • Sholawat 
Rukun Sholat yang ke lima belas adalah Sholawat untuk Nabi Muhammad SAW.

  • Mengucapkan salam
Rukun sholat yang ke enam belas adalah mengucapkan salam.

  • Tartib
Rukun Sholat yang terakhir alias nomor tujuh belas adalah tartib atau berurutan tidak boleh mendahulukan yang belakang.
Sekian tentang Rukun Sholat, semoga bermanfaat dan mudah-mudahan kita dapat mengamalkannya amin.



  1. PEMBATALAN WUDHU 
  2. RUKUN WUDHU 
  3. RUKUN/FARDHU MANDI BESAR 
  4. SUNAT MANDI BESAR 
  5. SUNAT WUDHU 

1 comments:

  1. Salam kenal pak santri! kunjungan barusan dari usaha-success.blogspot.co.id terus kesini dari link komennya.

    ReplyDelete